...Featured article on antarabali.com & Warta Bali






Warta Bali



Special for Mother's Day 2011...
here are the articles..
Thank you for Mas Irfan and Warta Bali team for editing

enjoy!



Antaranews Bali



and, for those who wants to read the article, here below the words...its a bit different after editing...

_________________________________________________________________________________________

“Catatan Ibu-Ibu Pembersih Pantai : Kami Juga Ingin Melakukan Sesuatu Untuk Masyarakat”




…Pukul setengah 6 pagi, Wayan Yasri sudah berangkat dari kediamannya di sebuah Desa di Kuta. Setelah menyiapkan sarapan untuk anak-anaknya dan merapikan rumah, ia mengayuh sepedanya kira-kira sejauh 1 km untuk dapat tiba tepat waktu di Pantai Kuta. Lengkap dengan seragam lengan panjang, sepatu, dan topi, Wayan Yasri mengenakan sarung tangannya dan membawa garu. Ia memarkirkan sepedanya di Garasi Traktor, lalu berkumpul bersama 10 perempuan dan 4 laki-laki lainnya. Setelah mengikuti briefing pagi, dengan semangat pagi, mereka siap membersihkan pantai dan membuatnya tetap cantik…



Wayan Yasri merupakan salah satu crew Bali Beach Clean Up (BBCU) yang sudah mendedikasikan dirinya sebagai crew pembersih pantai selama lebih dari 2 tahun ini. Bali Beach Clean Up merupakan Program bersih-bersih pantai yang sudah dilaksanakan sejak 2009 lalu dan merupakan inisiatif dari Coca-Cola Amatil Indonesia dan Quiksilver Indonesia. Wayan Yasri bersama dengan 50 Ibu-Ibu lainnya dan 24 Bapak-Bapak dari warga setempat dari mulai Pantai Seminyak, Legian, Kuta, Kedonganan dan Jimbaran, telah membantu menjaga pantai tetap bersih. Crew BBCU ini merupakan bagian dari staf Desa Adat yang khusus didedikasikan untuk menjaga kebersihan pantai setiap harinya. Dari 74 total crew, dilihat dari jumlah angkanya, kaum Ibu memang memiliki jumlah lebih besar daripada crew laki-laki. Mereka sangat memiliki semangat dan kerja keras yang tinggi.

***

Ketika dahulu Kartini menyuarakan emansipasi untuk kaum perempuan, sejak saat itu pula terhitung sudah ribuan perempuan Indonesia dan ribuan cara yang mendukung emansipasi ini. Masing-masing meyakini dan mewujudkan adanya kata emansipasi tersebut dengan berjuang di bidang yang mereka kuasai, dari mulai berjalan mencapai cita-cita dalam bidang pendidikan, berkecimpung dalam dunia politik, hingga sama-sama bekerja untuk menghidupi keluarga dikarenakan latar belakang ekonomi.

Perempuan saat ini dituntut untuk tidak hanya menjalankan perannya sebagai Ibu, di samping menjaga dan mendidik anak-anak di rumah, bekerja kadang juga menjadi tuntutan perempuan untuk membuat asap dapur mereka tetap mengepul. Tidak dapat dihindari, kebudayaan global sudah mendorong perempuan untuk ikut andil dalam menghidupi keluarga. Jika dahulu seorang Ibu bertugas hanya untuk memberikan pendidikan pada anaknya di rumah, kali ini seringkali seorang Ibu diharuskan turut mencari nafkah demi memastikan anak-anaknya tetap mengeyam pendidikan formal.

Hal inilah yang kemudian menjadi latar belakang dan menjadi motivasi terbesar, mengapa Ibu-Ibu ini bekerja di pantai setiap harinya. Tuntutan ekonomi menjadi faktor pendorong yang sangat signifikan bagi mereka untuk menjadi seorang petugas kebersihan pantai.
“Saya harus dapat mencari uang untuk anak-anak, supaya bisa menambah-nambah untuk hidup sehari-hari”, ujar Wayan Yasri.

Sebagian besar dari crew BBCU, termasuk Ibu-Ibu ini juga masih menemui kendala dalam hal baca tulis dan berhitung. Rata-rata dari mereka yang hanya sanggup mengenyam pendidikan sampai tingkat SD-itupun ada sebagian besar yang tidak selesai, beberapa merupakan lulusan SMA, dan sebagian yang lain bahkan tidak pernah mencicipi pendidikan sekolah sama sekali.



Courtesy of Coca-Cola Amatil Indonesia



Berangkat dari latar belakang tersebut, untuk membantu crew meningkatkan taraf pendidikannya, mereka juga diberikan edukasi tentang hal-hal sederhana yang dapat mereka praktekan dalam kehidupan sehari-hari, seperti, hidup berkelanjutan, Penanganan Pertama Pada kesehatan, pengolahan kompos sederhana, kedisipilinan di tempat kerja, dan yang terpenting adalah mengenai literatur.

Dalam memberikan edukasi untuk crew BBCU, Coca-Cola Amatil Indonesia juga bekerjasama dengan R.O.L.E Foundation-sebuah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pemberdayaan perempuan. Sudah dalam kurun waktu 6 bulan terakhir ini, R.O.L.E mengadakan sesi training khusus setiap minggu-nya untuk Ibu-Ibu Crew Beach Clean Up di Pantai.

“Sekitar 80% dari crew Beach Clean Up ini rata-rata tidak memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis, hal inilah yang menjadi salah satu kendala terbesar sekaligus menjadi tantangan kami sebagai tim pengajar untuk menyampaikan materi, untuk itulah kami lebih banyak menyampaikan materi yang dapat mereka serap secara langsung,” ungkap Made, salah satu tim pengajar dari ROLE Foundation.

Ibu-Ibu ini memiliki semangat yang tinggi untuk turut berkontribusi terhadap masyarakat, membersihkan pantai merupakan salah satu wujud pengabdian mereka untuk Desa Adat. Latar belakang pendidikan yang hanya seadanya, menjadi kendala besar untuk mendapatkan pekerjaan di sektor formal, dengan mengambil alih pekerjaan ini, mereka dapat memenuhi tuntutan ekonomi keluarga sekaligus mengabdi untuk masyarakat.

“Membersihkan pantai adalah tugas mulia, dengan membantu menjaga kondisi pantai tetap bersih, turis menjadi nyaman, kami harap, apa yang kami lakukan dapat membantu dalam meningkatkan pariwisata di Pantai-pantai di Bali”, aku Ibu Siti – salah satu crew Pantai Kuta

Ibu-Ibu ini faham betul, bahwa mereka ingin sekali membantu membuat perubahan dan perkembangan untuk Desa-nya. Dengan menjalankan profesi ini, mereka juga dapat membantu perekonimian keluarga, menyekolahkan anak-anaknya sekaligus mengabdi bagi Desanya.
“Setidaknya, saya bisa menyekolahkan anak saya, sekarang dia baru kelas 5 dan bisa dapat terus bersekolah”, ujar Wayan Yasri.

Terimakasih, Ibu-Ibu…
Semoga apa yang dilakukan dapat menginspirasi masyarakat luas. Kontribusi sekecil apapun, jika dilakukan dengan tulus dan didasari semangat yang tinggi, dapat membuat perubahan besar yang berarti. (thesa)

_________________________________________________________________________________________




Thank you,
and HAPPY MOTHER'S DAAAAAYYYY....!!!

Cheers,
XOXO

Comments

Popular Posts